Rabu, 08 Juni 2016

7 Minuman Buka Puasa Penghilang Haus dan Dahaga

Bulan puasa memang bulan yang penuh berkah bagi umat muslim. Tak hanya sekadar menahan haus dan lapar, kaum muslim pun harus bisa menjaga segala sikap mereka dari hal-hal yang membatalkan puasa. Bagi Anda yang sedang berpuasa, sudahkah Anda memikirkan minuman berbuka puasa seperti apa yang ingin Anda santap ketika adzan maghrib berkumandang nantinya?

Berbagai jenis minuman segar khas Indonesia bisa Anda jadikan pilihan sebagai takjil untuk membatalkan puasa. Minuman berbuka puasa ini dapat Anda buat sendiri dengan mudah. Namun, jika Anda tak ingin repot, tak perlu cemas. Di bulan suci Ramadhan ini, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai minuman segar yang dijual di sekitar lingkungan Anda sebagai takjil untuk berbuka.

Daftar Minuman Berbuka Puasa yang Segar dan Sehat untuk Takjil


1. Minuman Berbuka Puasa Es Buah Selasih

Es Buah Selasih Minuman Buka Puasa Penghilang Haus dan Dahaga
Bagi Anda pecinta nata de coco yang kenyal dengan campuran biji selasih dan buah yang segar, es buah selasih bisa menjadi pilihan takjil yang tepat buat Anda. Minuman ini merupakan salah satu minuman favorit untuk membatalkan puasa saat adzan maghrib dikumandangkan. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di pinggir jalan ataupun di pusat jajanan pasar terdekat di kota Anda.

Untuk membuat Es Biji Selasih anda cukup merendam biji selasih mentah ke dalam air dan tunggu hingga mengembang. Lalu, Anda bisa membuat kuahnya dengan menggunakan air masak yang dicampur dengan sirup buah melon. Tambahkan potongan buah segar, nata de coco dan biji selasih sebagai isiannya. Beri es batu secukupnya.

2. Minuman Berbuka Puasa Kolak Pisang

Kolak Pisang Minuman Buka Puasa Penghilang Haus dan Dahaga
Kolak pisang merupakan salah satu minuman saat buka puasa yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Takjil yang satu ini memiliki rasa khas Indonesia yang sangat kental sehingga menjadi salah satu minuman segar yang banyak dijajakan di jalanan saat bulan Ramadhan.

Jika Anda hendak membuatnya sendiri, Anda bisa menggunakan pisang kepok maupun ubi kuning sebagai isi utamanya. Untuk membuat kuah kolaknya, cukup campurkan air, santan, gula merah dan sedikit tepung maizena. Anda bisa menyajikan kolak dalam keadaan hangat, maupun dengan menambahkan es.

3. Minuman Berbuka Puasa Sop Buah

Sop Buah Minuman Buka Puasa Penghilang Haus dan Dahaga
Sop buah sangat mudah ditemui baik di bulan puasa maupun di bulan-bulan biasa. Minuman berbuka puasa ini biasanya dijajakan secara keliling dengan menggunakan gerobak ataupun di pinggir jalan.

Cara membuatnya juga terbilang simpel. Anda cukup menyiapkan 4 sampai 5 jenis buah kesukaan Anda. Lalu, Anda bisa memotong dadu buah-buah tersebut seperlunya dan menggunakannya sebagai isian utama sop buah. Untuk membuat kuahnya, Anda cukup mencampurkan air matang dengan susu kental manis dan tambahkan sirup stroberi sesuai selera Anda. Sajikan dengan es batu agar semakin lengkap sebagai pelepas dahaga.

4. Minuman Berbuka Puasa Es Dawet Ayu atau Es Cendol

Es Dawet Ayu atau Es Cendol Minuman Buka Puasa Penghilang Haus dan Dahaga
Minuman segar yang dikenal dengan nama es dawet ayu ataupun es cendol ini pun menjadi salah satu minuman favorit saat berbuka puasa. Minuman ini memiliki ciri khas warna hijau karena dawet, bahan utamanya ini, terbuat dari campuran tepung beras dan hunkwe yang kemudian diberi pewarna makanan sehingga menjadi kehijauan.

Sedangkan untuk kuahnya berasal dari campuran air rebusan daun pandan dan juga santan. Anda juga bisa menambahkan gula merah sesuai dengan selera untuk menambahkan rasa manis pada es cendol.

5. Minuman Berbuka Puasa Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau Minuman Buka Puasa Penghilang Haus dan Dahaga
Siapa sih yang tidak kenal bubur kacang hijau? Salah satu minuman pelepas dahaga yang cukup populer saat bulan puasa ini bisa disajikan secara hangat maupun dingin dengan es batu. Kacang hijau mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Anda pun bisa memperoleh minuman ini dengan mudah karena biasa dijual oleh pedagang kaki lima.

Untuk membuatnya, rebuslah kacang hijau mentah hingga mengembang. Sedangkan untuk kuahnya, campurkan rebusan daun pandan, susu kental manis, santan dan juga gula merah cair.

6. Minuman Berbuka Puasa Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang Minuman Buka Puasa Penghilang Haus dan Dahaga
Minuman ini mungkin agak sulit untuk ditemukan bagi Anda yang berdomisili di luar Jakarta. Es selendang mayang ini sendiri umumnya terbuat dari adonan tepung hunkwe dengan campuran air sagu tani. Lalu ditambahkan sedikit pewarna merah dan hijau untuk mempercantik adonannya. Siapkan juga adonan yang tak berwarna.

Setelah adonan jadi, tumpuklah adonan tersebut. Kemudian, buatlah kuahnya dengan menggunakan air rebusan daun panda, santan, juga gula merah. Jangan lupa untuk menyajikannya dengan es batu agar terasa lebih segar.

7. Minuman Berbuka Puasa Es Kopyor

Es Kopyor Minuman Buka Puasa Penghilang Haus dan Dahaga
Es kopyor bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda untuk melepas dahaga sehabis berpuasa seharian penuh. Es kopyor cukup mudah untuk dibuat.  Meskipun es kopyor umumnya dibuat dengan menggunakan serutan kelapa, Anda bisa menggantinya dengan agar-agar yang dicampur dengan santan.

Untuk kuahnya, gunakan air yang dicampur dengan sirup cocopandan. Masukkan serutan kelapa dan agar-agar ke dalam kuah, kemudian tambahkan es batu agar lebih segar.

Itulah 7 minuman berbuka puasa yang pas untuk Anda nikmati saat berbuka puasa dengan keluarga. Bagi Anda yang sibuk dengan kegiatan di kantor, Anda dapat memperolehnya dengan mudah di pinggir jalan ataupun melalui pedagang kaki lima. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Related Posts

7 Minuman Buka Puasa Penghilang Haus dan Dahaga
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.