Rabu, 08 Juni 2016

Resep Membuat Es Kolang Kaling Biji Selasih Segar Untuk Berbuka Puasa

Resep Membuat Es Kolang Kaling Biji Selasih Segar Untuk Berbuka Puasa
Bulan puasa sebentar lagi tiba, tentunya bagi umat islam yang menjalankannya, bulan puasa merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu kedatangannya. Dalam ibadah puasa tentunya kita mengenal yang namanya sahur dan buka, Nah kali ini blog Bahan dan Resep akan memberikan sebuah resep minuman yang layak dan juga baik dikonsumsi saat menjelang buka puasa, resep yang kami maksud ialah "Es Kolang Kaling Biji Selasih Segar dan Nikmat".

Membuat resep minuman untuk menu sajian berbuka puasa memang harus cermat, pemilihan jenis bahannya pun juga harus diperhatikan karena bisa mengganggu pencernaan tubuh kita. Seperti yang kita tahu, saat puasa tentunya tubuh akan kehilangan banyak air karena menahan haus dan lapar, untuk itu hal pertama yang perlu diperhatikan ialah komposisi makanan yang mudah dicerna dan menyegarkan tentunya. Untuk resep es kolang kaling biji selasih sendiri banyak mengandung manfaat yang nyata. Seperti contohnya, dari buah kolang kalingnya yang bersifat mengenyangkan. Sedangkan biji selasih seperti yang banyak orang tahu berguna sebagai obat masuk angin dan pegal. Dengan adanya biji selasih, otomatis perut yang tadinya kosong bisa terbantu dengan khasiat biji selasih tersebut.

Dengan banyaknya manfaat yang dihasilkan, tentunya resep minuman ini layak anda coba sebagai menu minuman berbuka puasa anda. Bagi anda yang berminat untuk membuat atau mempraktekkan resep minuman segar ini, dibawah ini kami akan memberikan secara detail dan lengkap cara membuat es kolang kaling dengan biji selasih. Tanpa banyak kata, silahkan anda praktekkan resep ini untuk menu berbuka anda.

Bahan Es Kolang Kaling Biji Selasih

  • 2 sendok makan biji selasih kering
  • 1 gelas kolang kaling 
  • 2 sendok makan gula pasir 
  • air matang secukupnya
  • 1/2sendok teh pewarna makanan warna merah
  • 1/2 gelas sirup buah atau sirup yang lain sesuai selera anda
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Es Kolang Kaling Campur Biji Selasih

  1. Pertama-tama, biji selasih kita rendam dengan air panas, biarkan hingga mengembang. Jika sudah mengembang sempurna, tiriskan.
  2. Bersihkan kolang kalingnya, potong memanjang kecil atau bisa sesuai selera dan kreasi anda.
  3. Rebus gula dengan air, masukkan  kolang kaling dengan air gula rebusan dan tambahkan garam, cicipi rasanya, jika kemanisan bisa tambahkan air lagi atau jika kurang manis tambahkan gula. Hal ini berfungsi memberi warna dan rasa pada kolang kaling itu sendiri.
  4. Setelah kolang kaling matang dan berubah warna, saring dan tiriskan.
  5. Siapkan gelas saji atau mangkuk saji, masukkan kolang kaling dan biji selasihnya.
  6. Masukkan sirupnya dan tambahkan air matang secukupnya dan yang terakhir es batu. Sajikan.
  7. Bagi anda yang suka hangat, anda bisa mengganti es batu dengan air panas.

Itulah cara mudah dan simple membuat resep minuman es kolang kaling biji selasih yang sehat menyegarkan. Resep yang sempurna untuk berbuka puasa bagi anda yang telang berlapar-lapar seharian demi menjalankan ibadah puasa.

Terima kasih atas kunjungan anda di blog kami, semoga menu yang kami sajikan bermanfaat untuk keanekaragaman pilihan menu berbuka keluarga anda. Selamat menjalankan ibadah puasa. 

Related Posts

Resep Membuat Es Kolang Kaling Biji Selasih Segar Untuk Berbuka Puasa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.